RSS

Ingin Menjadi Programmer..??

05 Aug

programmer

Saat ini, minat generasi muda untuk menjadi seorang programmer bisa dikatakan cukup tinggi. salah satu acuannya yaitu tingginya minat generasi muda untuk kuliah di jurusan komputer. Walau nantinya mereka tidak mutlak menjadi seorang programer. Bahkan bisa jadi mereka hanya akan menjadi seorang analis sistem (System Analist).

Kembali ke permasalahan yang kita bahas, bagi mereka yang ingin menjadi seorang programer, hal yang perlu sekali mereka pahami dan merupakan dasar dari semua bahasa pemrograman adalah algoritma. Mungkin kita bisa simpulkan algoritma sebagai sebuah logika (soalnya saya ngga bisa memikirkan kata yang tepat untuk mengganti algoritma). Jika seseorang tidak memahami mengenai konsep dasar algoritma, maka akan kecil kemungkinan baginya untuk menjadi seorang programmer handal. Percuma kita mengetahui semua sintaks program jika logika kita tidak jalan…

Mungkin bagi mereka yang berprofesi sebagai seorang programmer akan setuju dengan pendapat saya berikut ini:

“Hambatan atau kesulitan yang sering dialami oleh seorang programmer adalah memikirkan logika program yang dibuatnya, bukanlah menghafal atau mengetahui sintaks program”

Bahkan, saya berani menjamin, seorang programmer yang handal, belum tentu hafal semua sintaks program yang ia kuasai… Setahu saya, belum ada seorang programmer yang bisa membuat sebuah program TANPA melihat buku atau melihat contoh sederhana dari program lain… Coba deh anda tanya kepada temannya yang programmer :) Tapi, programmer yang tidak hafal semua sintaks program, akan banyak anda temui. (salah satunya adalah saya, hahahaha maklum masih newbie).

Untuk itu, jika anda berminat menjadi seorang programmer, pahamilah dasar algoritma terlebih dahulu. Hampir disemua perguruan tinggi yang mengajarkan bahasa pemrograman, terlebih dahulu akan memberikan dasar algoritma kepada mahasiswanya sebelum mempelajari bahasa pemrograman.

Nah, jika anda sudah paham konsep dasar algoritma, akan mudah bagi anda untuk mempelajari bahasa pemrograman. Tapi ingat pesan saya, cukup kuasai satu bahasa pemrograman. Dalam artian, benar-benar paham dan mendalam pengetahuan anda pada bahasa pemrograman tersebut. Tidak ada yang melarang untuk mengetahui semua bahasa pemrograman. Baik Pascal, C, C++, VB, Java, atau bahasa pemrograman lainnya. Tapi usahakanlah anda matang di satu bahasa pemrograman saja, sementara bahasa pemrograman yang lain cukup sekedar tahu dan paham saja. Karena akan percuma jika anda paham semua bahasa pemrograman, tetapi tidak ada yang bisa anda andalkan…

Semoga tulisan ini bermanfaat…

 
5 Comments

Posted by on 5 August 2010 in Komputer

 

5 responses to “Ingin Menjadi Programmer..??

  1. prasOFtuban

    11 January 2011 at 4:10 am

    bang saya pemula,, bener2 ngk bisa,, tapi saya pengen banget menjadi programmer,, langkah awal mempelajari mempelajari algoritma/logika,, tapi dimanakah saya bisa belajar bahasa itu?
    dah apa itu :
    Baik Pascal, C, C++, VB, Java, atau bahasa pemrograman lainnya
    tolong ajari saya,,, saya orang tidak mampu dari kluarga kurang kaya dan sangat sederhana,,, saya belajar komputer dari teman2 / otodidak skill.. mohon bantuanya,, ini no HP yg bisa di hubungi 0818823071 tapi bukan punya saya,, punya cwek saya,, say blum mampu beli HP.. 0818823071

     
    • Bakri Megadata

      20 February 2011 at 3:26 am

      iya algoritma yang paling utama harus di pelajari, karna dengan logika kita bisa memecahkan maslah dan dengan logika pula kita membuat sebuah program….

       
    • rendra

      7 June 2011 at 5:05 am

      cari aja bang di googling… pasti akan dapat tentang alogaritma, saya juga pengen jadi programmer, tapi bingung mau mulai dari mana……

      trimakasih banyak gan atas postinganya, sangat membantu untuk para newbie…

       
  2. Simichy

    9 September 2011 at 10:30 pm

    Thank’s

     
  3. Hery Munanzar

    28 October 2011 at 2:13 pm

    gan…
    jjr xaya sangat ingin belajar pemograman secara lebih dalam…

     

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

